Perpanjang SIM dan STNK

Hampir 2 bulan saya ga update blog. Benar - benar banyak pekerjaan dan pikiran dan penyakit malas menular :D

Nah untuk postingan kali ini saya akan memberikan informasi cara perpanjangan SIM C dan STNK via Drive Thru di kota asal saya Purwokerto.

Nanti artikel yang saya tuliskan apa adanya loh ya, kalo misal ada yang nganggep salah ya aneh , soalnya kan pengalaman saya pribadi. Lagian juga sesuatu yang bener kok malah disalahin. Saya bilang di awal takutnya dibilang mencemarkan nama baik. Padahal kan yang terjadi memang begitu. Kalo memang namanya baik ya kualitasnya ditambahkan, jangan ditutupi dengan cara melampiaskan kesalahan kepada orang yang memposting :D
*walaupun emang ga ada negatifnya nanti. Cuma antisipasi saja.


Untuk perpanjangan SIM dulu ya ~

Saya melakukan perpanjangan SIM hari Senin, dan sialnya ternyata hari senin ramai sekali peserta perpanjangan SIM tersebut, beda dengan hari Sabtu yang cenderung cuma 5-6 orang. Untuk SIM, yang diperpanjang adalah waktu masa berlakunya, bukan ukuran SIMnya yaa. Hehehe
untuk memperpanjang SIM, yang perlu dibawa adalah :
- Stofmap warna biru (Untuk SIM C)
- SIM Asli
- KTP
- Fotocopy SIM Asli
- Fotocopy KTP Asli
- Pulpen
- Uang 100 ribu sudah cukup. Buat jaga2 bawa saja 150 ribu

untuk Fotocopy, masing - masing rangkap 2 di halaman yang berbeda ya !

Alur Prosesnya adalah :
- Mula - mula jangan langsung ke kantor polisinya dulu, ke bagian kesehatan nya dulu buat dapetin Surat Keterangan Kesehatan. Kalo di daerah saya lokasinya di sebelah persis kantor polisi. Disana nanti di cek kesehatan mata, sama berat badan. Kalo tinggi badannya ga dicek soalnya katanya ngikut SIM lama aja. Padahal kan aneh masa 5 tahun tinggi badan ga berubah -_-.  Maka dari itu menurut taksiranku petugasnya males soalnya banyak yang dites kesehatan gitu dan kalo nimbang berat badan kan peserta tinggal naik timbangan, sedangkan kalo tinggi badan nanti seharusnya diukurin petugasnya soalnya alat pengukurnya aneh jadi gabisa ngukur sendiri. Terus nanti disana bayar 20 ribu. Sebenarnya lumayan sih 20 ribu per orang, soalnya disana yang bikin SIM dan minta surat keterangan kesehatan sampe 40 orang ada kali dalam 1 hari. 40x 20 ribu = 800 ribu. 800 ribu kali 24 hari dalam sebulan, terus terus dikali 12 dalam 1 tahun aaaaaaaaaaaaaaaaaa *mata mulai ijo

- Nah setelah itu baru ke kantor polisinya. Di kotaku di bagian belakang nya. Nanti Fotocopy SIM dan KTP Asli + surat keterangan kesehatan dimasukkan ke dalam stofmap biru. Nah nanti dimasukkan ke loket perpanjangan SIM, nanti disana dikasih formulir pendaftaran untuk perpanjangan SIM baru. Kita ngisi sendiri form nya. Disana ga dikasih pulpen, jadi pake pulpen sendiri ya

- Setelah Formnya diisi, nanti masuk ke loket pembayaran. Disana cuma tinggal mengajukan stofmap biru + form ke bagian loket pembayaran , nanti disuruh bayar. Di kotaku sih 80 ribu, kalo di kota lain gatau juga, katanya beda - beda tapi paling ga jauh - jauh amat sih bedanya.

- Nanti setelah bayar dimasukkan lagi ke loket yang pengajuan pendaftaran SIM tadi, terus disuruh nunggu di ruangan di dalam.

- di ruang tunggu , nanti kita ditunggu untuk dipanggil lagi ke ruang foto

- setelah dipanggil , saatnya menunggu di ruang foto dan ditunggu untuk dipanggil namanya untuk difoto.

- saat menunggu, jangan heran kalau melihat orang tiba - tiba datang dari ruangan lain, langsung duduk, dan langsung difoto, absen, dapet SIMnya, dan langsung keluar lagi. OPTIMIS aja , mungkin mereka foto ulang :p

- Nanti setelah dipanggil saatnya foto, disana nanti cap jempol kiri dan kanan, tanda tangan, dan petugasnya ngecekin nama, tgl, dan alamat kalo ada yang salah

- Terus *cekrek difoto deh, dan ngisi tanda tangan kehadiran di sudut ruangan terus nunggu SIMnya diambilkan oleh polisi

Taraaa selesai sudah , proses yang terjadi cuma 25 menitan. Cuma lama nunggunya doang


Perpanjangan STNK

Untuk perpanjangan STNK, Saya melakukannya di SAMSAT Drive Thru. Untuk di Kota Purwokerto, Lokasinya di sebelah almamater saya SMAN 1 Purwokerto. Lokasinya dekat tugu , seberang Bank Indonesia. Yang perlu dipersiapkan adalah :
- BPKB asli
- STNK asli
- KTP asli
- Uang

Perlu diketahui bahwa di SAMSAT Drive Thru tidak perlu memfotokopi berkas - berkas di atas. Apalagi uang hahaha, jadi lebih simple. Untuk Jam Operasional ini nih :

sumber : cakpoer.files.wordpress.com

Kalo ga keliatan :
- Senin - Kamis jam 08.00-15.00 (Istirahat 12.00-13.00)
- Jum'at jam 08.00-14.30 (Istirahat (11.30-13.00)
- Sabtu jam 08.00 -12.30

Untuk waktu pelayanan di Drive Thru sangat cepat sekali. Mereka menentukan standar pelayanan maksimal 10 menit. Tapi saat tiba giliran saya tidak sampai 5 menit sudah selesai. Tapi yang bikin apes, saya melakukan perpanjangan STNK nya pada hari Senin yang ternyata setelah diingat - ingat hari sabtu kemarinnya libur. Jadinya peserta numpuk semua di hari Senin.
Nah untuk alur prosesnya adalah :
- Ngantri dulu , pas saya melakukan perpanjangan mengantri hingga 25 orang hadeuh . Jadi lama di ngantrinya sampe setengah jam ada deh. Tapi biasanya cuma mengantri 5-6 orang saja ~

- Dan jangan heran kalo misal lagi ngantri tiba - tiba ada orang masuk ke SAMSAT tersebut tiba - tiba keluar membawa Pajak STNK baru nya tanpa mengantri. Saya ga bilang maen orang dalem lo, OPTIMIS aja mungkin dia mau betulin Pajak kemarin yang salah. OPTIMIS !!!!

- Dan perlu diingat juga SAMSAT Drive Thru hanya melayani Perpanjangan STNK untuk jangka waktu tahunan. Untuk jangka waktu 5 tahun harus di SAMSAT Pusat. Di kota Purwokerto sendiri lokasinya di dekat jalan Patriot. Dari arah MORO masuk ke jalan Patriot terus mentok sampe bangjo yang ada dealer Ya**ha nya. Lurus dikit kiri jalan. Soalnya kasian kemaren ada yang ngantri panjang2 , lama jg ngantrinya tiba2 ga bisa diperpanjang gara - gara kenanya pajak 5 tahun.

- Setelah tiba giliran kita, tinggal menyerahkan diri *eh, menyerahkan KTP, STNK asli, dan BPKB asli ke loket 1.

- Nanti petugas mengecek, kalo tidak ada masalah langsung maju dikit di loket ke - 2 untuk pembayaran. Total Pembayaran adalah Pajak Kendaraanmu + Biaya Administrasi + Donor PMI *1000 rupiah doang. Kalau saya kemaren motor Mega Pro habis sekitar 262 ribu rupiah.

- Setelah itu langsung menerima Kertas Pajak yang baru. Selesai sudah. Untuk pelayanannya benar - benar cepat sekali dan tidak perlu repot - repot memfotokopi segala.

Dan jika sudah selesai jangan lupa untuk mengecek KTP Anda siapa tau lupa diserahkan oleh petugasnya *pernah kejadian

Yak begitulah pengalaman saya memperpanjang SIM C dan STNK di Drive Thru
Kunci Utama kalo ada yang aneh2 OPTIMIS aja :D
*walaupun jengkel jg hehe



Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
CaraSim
AUTHOR
September 19, 2015 at 11:19 PM delete

info menarik
bila bisa memperpanjang sim online darimana saja
terima kasih banyak artikelnya

Reply
avatar
myouileaf
AUTHOR
September 20, 2015 at 6:36 PM delete

Yup, kalo perpanjang SIM Online lebih enak sebenernya bisa di SAMSAT nya langsung dan biasanya lebih cepat soalnya sepi. Para orang tua lebih senang cara konvensional :D. Cuma kadang kalo lagi ada trouble suka lama juga hehe.

terima kasih sudah membaca juga :)

Reply
avatar