Tokopedia . . .? Aman . . . ? Pasti !

Meskipun sekarang bukan weekend tapi tetep saya posting nih. Untuk postingan kali ini saya akan membahas salah satu situs jual beli online tokopedia.com.

Waktu itu saya mencari produk aksesoris komputer yang sudah termasuk kategori langka yaitu cooler master notepal X3. Saya mencari - cari di kas*us, l**ada sudah tidak ada lagi yang menyediakan. Hanya beberapa dari situs jual beli online yang terkenal yang menyediakan. Salah satunya tokopedia.

Tokopedia.com merupakan situs jual beli online dimana disana memiliki konsep jual beli via rekening bersama (rekber). Belum tau apa itu rekber? Yak ! Rekber adalah rekening bersama *Plak itu ga jelasin woy !*.

Rekber adalah sistem jual beli dimana kamu... iya kamuuu.... *Plak lagi* menggunakan Middle Man / MM / Pihak ketiga / Perantara. Jadi proses nya adalah kita bayar -> uang masuk ke MM -> MM konfirmasi ke Seller -> Seller kirim barang -> kita menerima barang -> MM melanjutkan uangnya ke Seller. Kenapa kok orang mau repot - repot jadi MM? MM tuh nantinya dapet fee dari Buyer atas jasanya. Hal ini juga di terapkan di tokopedia.com. Sekalian saya jelaskan saja ya alur proses pembelian barangnya :D

Alur Pembelian Barang

Berikut adalah barang yang saya cari, cooler master Notepal X3. Di bawah ini terdapat beberapa toko yang menyediakan barang yang kita inginkan. Selain itu terdapat harga dan lokasi juga. Dan untuk kuning - kuning di pojok kanan bawah (2 terkanan) adalah gold merchant, dimana icon tersebut merupakan simbol untuk menunjukkan bahwa toko tersebut diberikan status recommended dari tokopedia nya sendiri. Tapi tenang aja yg bukan gold merchant jg aman - aman aja kok :D



Mula - mula jangan langsung beli barang !!!! Cek dulu stocknya ke buyer ! caranya? Pilih di barang yang kita cari misalnya yg paling kiri. Tuk muncul deh tampilan gini terus pilih Diskusi Produk. Sebelumnya kalo mau liat review - review dari buyer - buyer lain bisa di klik di tombol Review



Nah disini ditanyakan misalnya :



Nanti Seller akan membalasnya :


Nah setelah saling mengkonfirmasi stock barang saatnya memesan barang, kalo masih agak ragu bisa juga di lihat informasi buyer di bagian kanan di tab diskusi produk. Biasanya yang "terakhir online" nya sudah mingguan atau bulanan dibales aja ngga, apalagi dipercaya :v


Setelah itu saatnya membeli barang 



Nanti akan muncul tampilan seperti ini :

Disana tinggal mengisi form saja. Bisa juga memiliih Kurir dan Jenis Paket Pengirimannya. Sudah ada ongkirnya juga jadi ga harus ngecek - ngecek di situs terkait :D

Karena saya sudah pernah membeli dan tidak mau membeli lagi . Jadi mohon maaf belum bisa memberikan contoh gambar oleh saya selanjutnya.

Setelah membeli produk ini, nanti kita akan langsung dialihkan ke bagian metode pembayaran. Di bagian ini kita memilih cara pembayaran yang akan kita lakukan, beserta mengisi form - form yang tersedia disana kok. Ga akan ribet karena ada panduannya. 

Oh iya ini penting nih ! untuk pembayarannya masukkan ke rekening tokopedia ya. Kalo ada seller yang meminta untuk langsung mengirimkan uang transfernya ke rekeningnya, jangan percaya, soalnya itu pasti mau nipu ! Lebih baik lewat tokopedia. Mengapa? Karena melalui tokopedia uang yang kita transfer akan disimpan terlebih dahulu oleh tokopedia. Tidak langsung diteruskan ke Seller. Setelah barang kita terima baru deh dilanjutkan ke seller. 

Selanjutnya semua proses yang nanti saya jelaskan di bawah ini akan muncul di menu status pemesanan. Di kotakan merah jika kita membeli barang, akan muncul menu status pemesanan 



Setelah berhasil membayar, kita harus mengkonfirmasi pembayaran. Cuma tinggal klik ini itu doang kok. Setelah itu, nanti tokopedia akan memverivikasi  dana yang telah kita transfer dan memberi tahukannya kepada seller. Seller lalu akan mengirim barang. Setelah seller mengirim barang nanti akan muncul menu trace barang beserta nomer resinya. Nanti kita bisa mengecek langsung proses barang yang kita pesan sudah dikirim sampai mana. Jika barang telah diterima oleh kita, jangan lupa untuk mengkonfirmasi di status pemesanan bahwa barang sudah diterima tujuannya biar uang yang kita kirim dilanjutkan oleh tokopedia ke Seller.

Semua proses di atas akan muncul di status pemesanan dan formatnya seperti timeline pada facebook.
Sebagai Buyer yang baik , jangan lupa memberikan Review kepada Seller karena telah menjual produk sesuai dengan harapan kita :)

Barang belum juga dikirim oleh seller? tenang saja, uang kita akan dikembalikan 100% oleh tokopedia ke rekening kita dalam jangka waktu 5 hari. Jika dalam 5 hari Seller tidak mengirim barang / tidak mengkonfirmasi bahwa telah mengirimkan barang, maka uang kembali ke rekening kita. Karena perlu diingat lagi bahwa tokopedia menerapkan sistem Rekber :).

Barang sudah diterima tapi cacat /  tidak sesuai pesanan / second / keluhan lainnya ? TENANG SAJA ! Tokopedia mempunyai sistem menu Komplain, untuk barang - barang yang sudah diterima dengan kondisi seperti di atas. Saya pribadi belum pernah sih, tapi saat mencari - cari informasi di Google, saya mendapatkan bahwa untuk kondisi barang seperti itu, Barang dikembalikan kepada seller, setelah itu Uang tetap dikembalikan kepada kita 100% tanpa potongan. Rugi sedikit sih untuk biaya ongkir mengembalikannya. Tapi mendingan dong daripada rugi keseluruhan harga barang tersebut, apalagi kalau barang tersebut mahal.

Biaya Rekber? Kalo saya pribadi sih menganggapnya tidak ada, atau lebih tepatnya tidak merasa ada hehehe karena saya hanya membayar Rp 58,00 saja untuk biaya administrasinya ! Murah bukan ?


Kalo misal ingin lebih jelas lagi mengetahui mengenai cara berbelanja di tokopedia, bisa langsung masuk ke situsnya di tokopedia.com dan di halaman paling bawah terdapat menu Cara Berbelanja. Atau klik link ini saja https://www.tokopedia.com/panduan/beli.
 Di sana terdapat tutorial berbelanja beserta gambar juga yang mungkin lebih menarik dari penjelasan saya. Kalo saya disini sih cuma berbagi pengalaman saja hehe.


Ayo Belanja di tokopedia ~ Banyak Pilihan, Tidak Ribet, Terjamin Aman !
Happy Shopping :)
Previous
Next Post »

6 comments

Write comments