Kak Mau Endorse?

Seringnya diriku stalking instagram melakukan hal-hal yang bermanfaat selama 1 bulan terakhir ini mulai dari marathon anime bantu-bantu orang tua nyiapin buka (karena lagi mudik yey !!!) sampai  ke berlatih bahasa korea (walaupun baru cuma nulis - nulis hangul doang).



 

Hehe lucu ya kayak balik lagi ke jaman anak SD pake buku kotak2


membuatku sering menemukan fenomena aneh seperti berikut "Kak mau endorse ?". Loh hubungannya sama latihan bahasa korea apa ? Okelah aku ngaku hal itu sebenernya sering aku temukan di instagram (IG) bukan karena belajar bahasa korea. Biasanya sih kata-kata tersebut aku temukan di IG artis-artis terkenal tanah air. Nah disini aku mau bahas tentang endorse

Bab I Pendahuluan
Apa itu Endorse?
*Kumat lagi mode laporannya hehehe
Eh tapi ga salah juga kan ya, kan emang mau jelasin Endorse. Endorse itu adalah kerjasama antara produsen dan konsumen dimana nanti pihak penawar Endorse bakal ngirimin produk-produknya ke konsumen secara gratis dengan syarat konsumen yang menerimanya memposting foto sedang menggunakan atau mengkonsumsi produk yang diberikan tersebut.

Bingung? Nih contoh nih ya. Misal aku adalah artis terkenal sekelas Aura Kasih *ngarep :p* yang follow aku jutaan. Nah kalo misal aku posting foto sambil megang Kripik Kentang Balado dan bilang
"Guys ayo cobain nih Kripik Kentang Balado Cap Juju, enak loh aku hampir tiap hari makan. Thanks @kripikkentangbaladocapjuju" 
*panjang bener namanya*
Dengan adanya post seperti itu pasti follower-followernya pada mikir wah ternyata artis idamanku beli KKBCJ juga*oke aku akui males ngetik* . Aku juga harus beli biar sama kayak idolaku.

Nah intinya seperti itu. Mirip iklan-iklan di tipi cuma ini lagi booming di medsos.

Kenapa Endorse?
1. Produsen ga perlu repot-repot bikin iklan yang mungkin menghabiskan biaya yang mahal, cukup sogok konsumen pake produknya sendiri :)

2. Konsumen untung banget lah, cuma posting foto doang dapet produk gratis tis tis. Siapa yang gamau :)


Tapi Kenapa Harus Endorse, Padahal ?
1. Keliatan banget loh artis-artis yang endorse suatu produk. Nanti kesannya malah produknya murahan banget sampe nyogok-nyogok artis segala saking ga lakunya. Padahal kan ga gitu, cuma cara marketing baru di era modern :p.

2. Malah jadi hal yang membingungkan dimana konsumen itu beneran suka apa ga sih sama produk tersebut. Sebagai fans fanatik, jangan-jangan nanti pas ulang tahun gara-gara ngira idolanya suka, SUKA, SUKA BANGET suatu produk tertentu, semua orang ngehadiahin produk itu. Kan jijay sekali hahaha selama 2 tahun makan KKBCJ tiap hari ga abis-abis hehehe.


Nah jadi kalo kalian diminta buat endorse jangan takut gatau apa itu endorse dan harus gimana, kan udah baca artikel ini :) Eits, tapi jangan kege-eran dulu soalnya biasanya target - target endorsement itu yang followernya banyak. Masa iya nawarin ke yang followernya bisa diitung pake jari ntar rugi dong :p Ngasih KKBCJ 1 kuintal, yang liat cuma 5, itu aja belum tentu beli hehehe.

NB : KKBCJ hanyalah fiksi, bukan promosi, jika ada kesamaan kata mohon dimaafkan ^_^


Previous
Next Post »